mainlogo
JointfitLogo

Latihan-latihan untuk menjaga kesehatan persendian

Ketika usia kita terus bertambah, umumnya tulang-tulang kita mulai keropos dan otot melemas. Agar sendi-sendi tulang kita tetap sehat, berikut tiga langkah untuk memperkuat persendian supaya kita tetap bisa lincah menjalani aktivitas sehari-hari..

  1. Olah raga dengan teratur
    • Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membuat otot yang mengelilingi sendi-sendi menjadi kuat.
    • Berjalan kaki, berlari, atau bersepeda adalah pilihan-pilihan olah raga yang baik,
  2. Melatih kekuatan otot kaki
    Melatih kekuatan otot pada kaki dengan tiga gerakan ini dan ulangi 2-3 kali dalam seminggu
    • Jongkok
      Lakukan gerakan ini berulang kali. Anda bisa melakukan gerakan dengan sikap seperti duduk di kursi. Sejajarkan lutut dengan jari-jari kaki Anda. Tahan selama 15-30 detik.
    • Menekuk lutut
      Biarkan badan Anda tetap tegak, kemudian tekuk lutut pada kaki kanan ke depan. Lakukan juga pada kaki kiri Anda
    • Pose terbang
      Berdirilah pada satu kaki dengan mengangkat satu kaki lainnya ke belakang, kemudian membungkuk perlahan. Lalu, angkat kedua tangan, sejajarkan dengan kepala. Untuk menjaga keseimbangan, Anda bisa menggunakan kursi maupun peralatan gym. Lakukan lah 10-30 detik dan ulangi pada masing-masing kaki Anda
  3. Melatih kekuatan otot inti
    • Curl up
      Mulailah dengan posisi tidur. Kemudian tekuk lutut Anda, biarkan telapak kaki tetap menyentuh lantai. Setelah itu angkat perlahan kepala dan badan Anda
    • Push up
      Lalukan gerakan push up dengan bertumpu pada dua tangan. Push up dengan posisi berlutut juga bisa dilakukan.
    • Side plank
      Buatlah posisi tubuh Anda miring. Bertumpulah pada siku dan kaki Anda. Tubuh tetap dalam garis lurus dari kepala sampai kaki. Lakukan lah selama 30 detik dan ulangi sebanyak tiga kali. Latihan ini untuk memperkuat tubuh Anda. Lakukan lah 2-3 kali dalam seminggu

Masih banyak olahraga lainnya yang bisa dilakukan untuk menguatkan persendian. Bila anda mengalami nyeri sendi, jangan lupa untuk mengoleskan Jointfit roller gel yang berisi kandungan glukosamin. Praktis, tidak lengket dan tidak bau untuk bantu redakan nyeri sendi anda.

Reference:
"Latihan untuk Memperkuat Persendian", https://lifestyle.kompas.com/read/2014/09/04/113917523/Latihan.untuk.Memperkuat.Persendian.
Penulis : Dian Maharani

Subscribe untuk mendapatkan penawaran, informasi, tip dan lainnya

Ikuti Kami di :

Hubungi Kami

logocenter 
0800-1-800088 (Bebas Pulsa)
Senin – Jumat: 08:00 – 17:00
@CombiCareCenter
51F0B55B / COMBICC
0818 06 800088