mainlogo
JointfitLogo

Tiga Makanan untuk Bantu Cegah Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah salah satu keluhan yang paling sering kita dengar. Keluhan ini nyatanya tak hanya disampaikan oleh para lansia, melainkan juga oleh mereka yang lebih muda. Beberapa jenis makanan berikut ternyata dapat mengurangi nyeri sendi.

Penyebab nyeri sendi memang bermacam-macam, mulai dari dari berat badan yang berlebih, pernah cedera, posisi tubuh yang salah saat beraktivitas, atau sel-sel sendi yang menua. Nyeri sendi ini sudah tentu sangat mengganggu karena setiap gerakan yang kita lakukan membutuhkan persendian yang sehat. 

Ternyata, para ahli menemukan beberapa makanan yang terbukti dapat mengurangi rasa sakit di persendian karena mengandung antioksidan atau anti radang. Apa sajakah makanan tersebut?

Makanan untuk mengurangi nyeri sendi

Salah satu cara untuk mengurangi nyeri akibat radang sendi (baik akibat osteoarthritis atau rheumatoid arthritis) adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk persendian. Cobalah untuk selalu memasukkan bahan makanan ini ke dalam menu sehari-hari Anda:


1. Ikan laut

Imbauan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Ibu Susi Pudjiastuti, agar kita gemar makan ikan tentu saja sangat beralasan. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan, makan ikan (terutama ikan dari laut) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya ikan salmon dan tuna yang mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi. Zat ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang, bahkan mengonsumsi ikan secara rutin dapat menghindarkan kita dari pengapuran sendi.


2. Jamur

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dipergunakan dalam menu berbagai negara di seluruh dunia. Beberapa jamur yang biasa kita makan seperti shiitake atau enoki ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan karena kaya akan antioksidan, sehingga dapat mencegah kerusakan sel (termasuk sel-sel di persendian), selain itu juga dapat mencegah kanker, memperlambat penuaan dini, mengandung protein yang meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin B, beta glucan atau komponen serat terlarut yang menurunkan lemak jahat (LDL), vitamin D dan beberapa mineral penting lainnya. 


3.  Tomat

Hampir sama dengan jamur, tomat juga mengandung antioksidan (lycopene) yang mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam tomat merangsang kolagen yang sangat baik untuk peremajaan sel tubuh, termasuk sel-sel persendian kita. Selain itu, biji dari buah tomat ini memiliki efek analgesik dan anti radang.


Selain makanan-makanan tersebut, kita juga dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut: 

Buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan seperti ceri, bluberi, blackberry, delima, paprika, jeruk, tomat, brokoli, pakcoy, bayam, dan nanas.

Makanan kaya kalsium dan vitamin D, seperti susu dan olahannya.

Makanan yang memiliki fungsi anti radang, seperti oatmeal, kunyit, dan kacang walnut.

Jangan lupa untuk selalu aktif bergerak

Selain menjaga asupan nutrisi sehari-hari dengan makanan yang kaya antioksidan, kita juga perlu melakukan kegiatan fisik agar persendian kita tak terasa kaku. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan minat serta usia kita, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan untuk menghindari cedera. Perhatikan postur tubuh kita saat melakukan berbagai aktivitas, jangan sampai membahayakan tulang punggung, pinggul dan persendian.


Selain itu, sediakan selalu JOINTFIT roller gel yang mengandung glukosamin sebagai zat yang merangsang pembentukan dan pemulihan jaringan tulang rawan yang rusak. JOINFIT juga mengandung Aloe Vera dan Vitamin E yang memiliki manfaat sebagai antioksidan serta menjaga kelembaban kulit. Jadi, sendi Anda mulai terasa nyeri, gunakan JOINTFIT roller gel sendi yang praktis, tidak lengket, beraroma mint yang segar, dan memberikan rasa nyaman pada sendi.


Referensi: 

https://www.goldokter.com/2018/07/4-makanan-yang-membantu-mencegah-nyeri.html

https://www.liputan6.com/health/read/3161939/buah-dan-rempah-yang-ampuh-redakan-nyeri-sendi

https://www.alodokter.com/menjaga-persendian-tetap-sehat-agar-bebas-bergerak

https://www.alodokter.com/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-jamur-untuk-mencegah-penyakit

https://www.alodokter.com/9-manfaat-tomat-buah-yang-disangka-sayur

http://www.jointfit.co.id/

Subscribe untuk mendapatkan penawaran, informasi, tip dan lainnya

Ikuti Kami di :

Hubungi Kami

logocenter 
0800-1-800088 (Bebas Pulsa)
Senin – Jumat: 08:00 – 17:00
@CombiCareCenter
51F0B55B / COMBICC
0818 06 800088